Indahnya Pemandangan Wisata Alam Gunung Api Purba Nglanggeran, Rugi Kalau Belum Ke Sana

Oleh:   mbok dolan mbok dolan   |   Wednesday, February 14, 2018
Indahnya Pemandangan Wisata Alam Gunung Api Purba Nglanggeran, Rugi Kalau Belum Ke Sana
mbokdolan.com - Sejak 62 juta tahun lalu, Gunung Api Purba Nglanggeran diperkirakan oleh para ahli masih berstatus aktif. Gunung yang di dominasi dengan batuan kapur atau istilah lainnya batuan kars berasal dari dasar laut yang mengalami pengangkatan hingga menjulang tinggi seperti saat ini. Fenomena alam yang luar biasa. 

Gunung Api Purba  Nglanggeran memiliki banyak sudut alam yang indah bagi siapa saja yang pernah singgah ke sana. Di kala liburan, banyak wisatwan yang ke Gunungkidul di sekitar wisata pantai yang indah, gua, atau wisata kuliner belalang sangat ramai. Nah, ada alternatif lainnya yang bisa dikunjungi, yakni ke puncak Gunung Api Purba Nglanggeran. Kalau ingin lebih merasakan ketenangan ya mending di hari lainnya ya guys. Kalian akan merasakan kalau di atas sana seakan dunia hanya milik berdua, hehe

Ketertarikan lainnya di sana adalah karena keasrian yang masih dapat kita rasakan selama berada di sana. Ribuan pepohonan rindang masih tumbuh subur di atas sana. Selain itu, struktur batuan yang menjulang tinggi sangat menarik para panjat tebing untuk menaklukkannya. Anda seoarang panjat tebing? Coba lah datang ke sana ya dan taklukkan. 

Asal usul nama Nglanggeran beradal dari cerita sekitar tentang keberadaan seorang Dalang waktu tengah pentas pewayangan. Tak disangka, ada seorang warga merusak wayang karena tidak suka dengan dalang tersebut. Akhirnya, sang dalang naik pitam dan warga tersebut dikutuk menjadi sosok wayang dan kemudian dibuang ke Bukit Nglanggeran. Dari kata Bahasa jawa, Nglanggeran berarti Nglanggar atau melanggar. Sudah tahu kan asal usulnya?

Ngomongin soal Gunung Nglanggeran, tahu belum ketinggiannya berapa? Yap, Gunung ini memiliki ketingggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut dengan puncak tertinggi bernama Gunung Gedhe. Di atas puncak, kita dapat menjumpai banyak puncak-puncak lainnya di Gunung Nglanggeran. Tercatat ada sebanyak 10 puncak gunung, diantaranya Gunung Kelir, Gunung Bongos, Gunung Blencong, Gunung Buchu, dan lain-lain. 

Di puncak-puncak Gunung Nglanggeran kita dapat menikmati pemandangan keindahan alam yang luar biasa. Kalau kita dapat pagi hari tentu kita dapat merasakan hangatnya matahari terbit sunrise nglanggeran dan sore hari keindahan senja menyapa sunset matahari tidak kalah indahnya pula loh. 

Pengen ke sana? Langsung saja ya ini alamatnya berada di Desa Nglanggeran, Kecamatan pathuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Harga tiket masuk yang dikenakan setiap pengunjung sangat terjangkau juga loh. Kalian cukup merogoh kocek sebesar Rp 7.000 pada siang hari dan Rp. 9.000 malam hari. Kalian tertarik? Bermalam dengan mendirikan camp atau tenda sangat romantis juga di sana, buktikan saja deh.


  • [accordion]
    • ##flag## Alamat Lokasi 
      • New Nglepen, Dusun Sengir, Kelurahan Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
    • ##car## Rute Akses Menuju Ke Sana
      • Rute menuju lokasi Desa Wisata Rumah Dome Jogja dapat melalui Jln. Raya Solo-Yogyakarta, Jln. Berbah, atau Jln. Wonosari.
    • ##globe## Google Map


  • [accordion]
    • ##money## Donasi Apresiasi
    • ##clone## Artikel terkait
      • wikipedia Rumah Dome Teletubbies Jogja, Rumah Teletubbies, biaya membuat rumah dome, harga rumah dome, desain rumah dome, wisata rumah teletubbies jogja, rumah teletubbies sleman, konstruksi rumah dome, obyek wisata rumah dome, biaya membuat rumah dome, obyek wisata rumah dome, bukit teletubbies yogyakarta, rute bukit teletubbies jogja, tiket masuk bukit teletubbies jogja, harga tiket masuk bukit teletubbies jogja, bukit teletubbies prambanan, alamat bukit teletubbies jogja.

Penulis:
Ahmad Syaiful Hidayat
Akrab disapa ipung Berjuang
Nulis, BacaTravelling


Tampilkan Komentar