Rumah Dome Teletubbies Jogja

Rumah unik di Jogja ini memiliki bentuk lain dari pada yang lain sebagai tempat tinggal. Bagi yang pernah nonton acara anak-anak teletubbies pasti akan bilang “wah, mirip rumah teletubbies”. Yap betul banget, rumah penduduk yang berada di Desa Nglepen, Sleman, Yogyakarta ini memang didesain sedemikian rupa yang kini jadi tujuan favorit para keluarga berwisata. Uniknya lagi, rumah dome teletubbies Jogja tak lagi berwarna putih saja, melainkan dikreasi dengan warna-warni mirip banget rumah warna-warni di Malang.

Sejarah Pembangunan 

Pembangunan dengan design bentuk dome tentu dilakukan bukan tanpa ada alasan yah. Sejarahnya berawal dari terjadinya gempa tektonik berkekuatan 5,9 skala righter mengggoyang kota wisata Yogyakarta. Kejadiannya terjadi pada tanggal 27 mei 2006. Selama 57 detik, getaran gempa menyebabkan banyak rumah-rumah warga rusak parah. Bahkan, sampai rata dengan tanah. Pasca gempa bumi, banyak warga yang kehilangan rumah sebagai tempat tinggalnya. Salah satu korbannya berasal dari Desa Nglepen sebanyak 32 kepala keluarga. Oleh sebab itulah, pemerintah memberikan bantuan berupa relokasi rumah baru. Bantuan pembangunan rumah melibatkan pemerintah dan non-pemerintah, yakni lembaga domes for the world foundation dari amerika serikat dan donator Ali Alabar pemilik Emaar Property Dubai dari Arab Saudi.

Kenapa Bentuk Dome?

Bentuk Rumah Dome dipilih karena mampu menahan dari berbagai bentuk ancaman bencana, seperti gempa, badai, dan kebakaran. Maka dari itu, bentuk rumah dome sangat cocok diterapkan di Desa Nglepen Yogyakarta karena berada di zonasi gempa.

Kapan Pembangunan?

Rumah Dome Jogja dibangun pasca gempa bumi tanggal 27 Mei 2006 dan selesai sejak tahun 2007. Penyerahan rumah baru ini secara resmi dilakukan oleh menteri Permukiman Hidup pada tanggal 29 April 2007. Bangunan rumah dome yang diberikan kepada warga Desa Nglepen sebanyak 80 unit, terdiri dari 71 unit untuk rumah warga, dan lainnya untuk sarana-prasarana. 

Bentuk Arsitektur dan Interior 

Bentuk arsitektur Rumah Dome Jogja selain mirip rumah teletubbies juga mengusung konsep sama dengan rumah Igloo milik Suku Eskimo. Bentuknya berupa dome atau bias disebut kubah atau lingkaran setengah bola. Pondasi rumah ini sangat kuat dengan kedalaman sekitar 20 meter di bawah tanah. Pengerjaannya pun dilakukan dengan teknologi khusus yang telah teruji kontruksinya.

Ukuran Rumah Dome

Rumah Dome Jogja berukuran minimalis dengan diameter sekitar 7 meter dan tinggi puncak rumah sekitar 4 meter. Luas bangunannya sekitar 38 meter persegi yang dibagi menjadi empat bilik ruangan dan 2 lantai.

Interior Rumah Dome

Dalam sebuah rumah dome telah dilengkapi dengan dua pintu depan dan belakang, serta 3mpat jendela ventilasi di depan dan di dua kamar tidur. Terdapat lubang ditengah bagian puncak sebagai tempat sirkulasi udara. Sehingga, saat siang tidak terik dan malam tidak dingin.

Kelebihan Aristektur Rumah Dome

Rumah dome diyakini kekuatannya yang telah teruji sebagai bangunan anti gempa, bada, topan, rayap, tikus, jamur. Hal ini karena bentuknya berupa kubah dome, setengah lingkaran tidak memiliki bagian sambungan, sehingga adanya getaran atau tekanan tidak mampu menggoyahkan bangunan ini. Bahkan, kekuatannya mampu menahan kecepatan angin sebesar 450 km/jam.

Sarana dan Fasilitas 

Desa Wisata Rumah Dome Jogja memiliki luas 2 Ha lengkap dengan sarana dan fasilitas, seperti homestay, mushola, ruang pameran gallery seni, klinik kesehatan, toilet, dan wahana. 

Jam Buka

Rumah Dome Jogja dibuka setiap hari mulai jam 08.00 wib – 17.00 wib.

Wahana yang Tersedia

Wahana yang tersedia di Desa Wisata Rumah Dome Jogja antara lain badut teletubbies, kereta api, kereta mini, motor ATV, pemandu wisata, permainan tangkap belut, estafet air, bakiak, snow ball, tracking peternakan, belik wunut dan tanah ambles, pemutaran video gempa bumi, pembuatan roti brownis, emping garut dan cindera mata, outbond, ronda tek-tek, karawitan, jatilan, campursari, dan sarana oleh-oleh berupa miniature rumah dome, gantungan kunci, kaos, mug, CD rekaman, dan lain-lain. 

Alamat Lokasi 

New Nglepen, Dusun Sengir, Kelurahan Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Akses Menuju Ke Sana

Rute menuju lokasi Desa Wisata Rumah Dome Jogja dapat melalui Jln. Raya Solo-Yogyakarta, Jln. Berbah, atau Jln. Wonosari.

Dapatkan Artikel Update Gratis

0 Response to "Rumah Dome Teletubbies Jogja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel